Asus Zenfone 2 vs OnePlus One

selamat pagi para gedgets semua..
apa kabarnya hari ini? semoga pada baik semua ya...

baik kali ini sedikit mencoba mengulas apa si yang di miliki Asus Zenfone 2 vs OnePlus One ?
yuk di simak...!



Ada dua hal yang membuat ponsel layak untuk dibandingkan antara satu dan lainnya. Pertama, tentu spesifikasi yang sebanding dan kedua adalah harga. Asus Zenfone 2 dan OnePlus One layak untuk dibandingkan karena mempunyai harga yang nyaris sama. 

OnePlus One yang dirilis pada 27 Januari 2015 lalu dibanderol dengan harga Rp 4,5 juta, sementara Zenfone 2 dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB juga dijual dengan harga yang sama. 

Keduanya memang tak ditempatkan pada jajaran ponsel premium, namun dengan spesifikasi yang terbilang gahar, Zenfone 2 dan OnePlus One layak disebut sebagai kuda hitam di persaingan pasar ponsel Indonesia.

Desain

Dari segi desain, kedua ponsel ini menganut aliran yang sangat berbeda. OnePlus One mempunyai cover belakang unik dengan tekstur sandstone yang mirip amplas halus. Ini membuat OnePlus terasa lebih 'aman' digenggam karena cover belakangnya tak terasa licin.

Sementara Asus masih terbilang konvensional karena cover belakang Zenfone 2 berbahan plastik dengan finishing brushed metal. Jadi, meski bentuknya terbilang ergonomis namun tetap terasa licin saat dipegang Kedua ponsel ini mempunyai layar berukuran 5,5 inch dengan resolusi 1080p. Zenfone 2 punya kepadatan pixel yang sedikit lebih tinggi, yaitu 403 ppi berbanding dengan 401 ppi, yang tak terasa bedanya.

Namun dari segi reproduksi warna, Zenfone 2 menghasilkan warna-warna dengan saturasi yang sangat tinggi. Sementara layar OnePlus One menghasilkan warna yang lebih natural.

OS

Dari OS untuk OnePlus One dan Zenfone 2 sama-sama menjalankan OS Android 5.0.2, namun dengan tampilan yang jauh berbeda.  OnePlus One menggunakan sistem operasi buatan Cyanogen, yaitu Cyanogen OS 12. OS ini terlihat sangat polos meski punya banyak pilihan kustomisasi. Sementara ZenUI yang digunakan Asus penuh dengan polesan di sana-sini. Asus juga menyematkan berbagai fitur tambahan seperti gesture, yang membuat akses aplikasi dari kondisi layar mati bisa lebih cepat. 

Spesifikasi
Harus diakui, di bagian ini Asus akan unggul dengan RAM-nya yang berkapasitas lebih besar. Yaitu 4 GB berbanding dengan 3 GB di OnePlus One. Namun dalam uji benchmark sintetis Antutu yang dilakukan detikINET, perbedaan keduanya tak terpaut terlalu jauh.

Dengan prosesor Intel Atom Z3580 quad core 2,3 GHz, Zenfone 2 mendapat skor 47.324 di Antutu. Sementara OnePlus One yang mengandalkan Snapdragon 801 dari Qualcomm mendapat skor lebih kecil, yaitu 46.648.

Sementara dari segi baterai, OnePlus One dilengkapi baterai berkapasitas 3.100 mAh, dan Zenfone 2 mempunyai baterai 3.000 mAh. Tak ada yang istimewa dari daya tahan baterai kedua ponsel ini, yaitu hanya bisa bertahan dengan pemakaian normal selama seharian.

Keduanya punya storage 64 GB, namun masih bisa ditambah menggunakan kartu microSD khusus untuk Zenfone 2. Pengguna OnePlus One harus gigit jari di bagian ini, karena ponsel itu tak dilengkapi dengan slot microSD.

Kamera

Di bagian kamera, antara Asus dan OnePlus punya spek yang sama persis. Kamera belakang 13 megapixel, lensa berdiafragma f/2,0 dengan dual tone flash, serta kamera depan 5 megapixel.

Dalam kondisi banyak cahaya, kualitas fotonya hampir sama. Namun dalam kondisi kurang cahaya, foto yang dihasilkan oleh OnePlus sedikit lebih baik. Sementara Zenfone 2 punya banyak mode pengambilan gambar yang tak dimiliki oleh OnePlus

Semua tergantung para Gedgets semua... ^_^

Salam Mimin..

Comments

Post a Comment